Minggu, 30 September 2012

Pengenalan Bahasa Pemrograman Ruby



Arti dari Ruby dalam kamus Encarta ® nya Microsoft :
  1. red gemstone: a red precious stone that is a form of corundum. Use: jewelry, manufacture of watches, precision instruments.
  2. deep red: a deep glowing purplish red color like that of a ruby

Jadi Ruby secara harfiah, etimologis, atau apalah, berarti suatu batu mulia merah, perhiasan yang sangat berharga, memancarkan sinar berkilau, (blink2 gitu lah).
Jadi pentingnya apa saya menjelaskan disini mengenai Ruby ? mau jualan batu mulia ? (terserah penting gak penting)

Ruby merupakan suatu bahasa pemograman yang cukup populer di Japan saat ini. Secara yang buat juga orang Japan gitu loh. 
Yukihiro Matsumoto, a.k.a. “Matz'’ (It’s time for Asian people to conquer the world!). Ruby merupakan bahasa scripting (like shell script, perl, python) namun juga merupakan bahasa pemograman sesungguhnya dengan Object Oriented sekali yang kuat serta penulisan syntax yang elegan sangat. Pengguna yang telah terbiasa dengan C++ atau Java, bahkan akan merasa Cemburu :p (im not pretend to compare them). (Btw hubungannya sama batu merah mulia tadi apaan ?) 
Sejarah singkatnya Ruby adalah dimulai ketika Matz yang maniak OOP ingin mencari bahasa yang suit buat scripting yg berbasis OOP, namun dia tidak menemukannya, cuma ada perl dan python, that was exactly not a true OOP. And then dia memutuskan buat bahasa baru (masya4JJI sumpah saya gak bisa buat bahasa baru) yg lebih powerfull dari perl dan lebih OOP dari python. (halahhh.. python jenis ular, lalu perl itu jenis batu mulia atau binatang ? )

Pertama2 untuk bisa kenalan dengan Ruby pastinya harus melakukan installasi terlebih dahulu. Untuk pengguna Windows, you can download a One-Click Ruby Installer here

gampang kok, tinggal download, lalu double clik, jadi deh. Untuk memeriksa apakah udah ke install dengan bener atau belum, ketik saja perintah ini pada command prompt : ruby -v


Kalau menggunakan Linux, biasanya udah ada paket2 dari distribusi Linux tsb, mis : untuk ubuntu tinggal gunakan perintah apt-get, lihat lagi ke reporsitory masing2 distribusi linuxnya, dan Untuk Mac OSX udah di include (asyiiiknya mereka)
Lalu apa yang terjadi ketika anda gagal menginstallnya ? atau koneksi internet anda diblok untuk download ? atau anda tidak memiliki memiliki komputer dan hanya bermain diwarnet ? atau anda tidak mempunyai uang untuk membeli CD nya di toko2 ? atau membaca saja anda sulit ? hahaahaa..
Coba yang ini saja dulu http://tryruby.hobix.com nah dari situs tsb anda bisa langsung coba deh Ruby, ada tutorial singkatnya juga, “Ruby in your Browser”

Penulisan variable di Ruby seperti di PHP tidak perlu didefenisikan typenya namun dpat langsung mengenalinya tergantung input yang diberikan. Just a simple..
Tipe2 dasar dari variable di Ruby adalah : Numbers, Strings, Arrays, Hashes, Symbosl, Ranges dan Regular Expressions

Contoh pseudocode:

Program  Menyapa.exe:

[code='ruby']
puts "hello, sebutkan siapa itu Daeng Muhammad Feisal:"
an = %W{dia adalah Mahasiswa UPI 2009 Prodi Ilmu Komputer FPMIPA}
b = 0
an.each do |a|
puts "#{b+=1} -> #{a}"
end[/code]


sumber/dikutip dari:
http://www.ngobrolaja.com/showthread.php?t=8635

Tidak ada komentar:

Posting Komentar